Senayan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Konstruksi Pembelajaran Sejarah Kritis

Buku

Konstruksi Pembelajaran Sejarah Kritis

Nana Supriatna - Nama Orang;

Salah seorang mahasiswa yang sedang melakukan praktek pembelajaran di sekolah menengah menulis refleksi seperti ini:
"Ketika dosen pembimbing PPL (Program Pengalaman Lapangan) menugaskan saya sebagai praktikkan sejarah di sekolah ini untuk memulai pelajaran sejarah dengan cara bercitera tentang bencana alam banjir, menumpuknya sampah di mana-mana di perkotaan, serta kekumuhan di bantaran sungai di kota kami pada topik mengenai peradaban tua kota Mohenjodaro dan Harapa di L:embah Sungai Indus, Semenanjung India, saya sempat bingung. Mengangkat isu banjir pada topik itu tidak ada hubungannya dengan materi sejarah yang akan saya jelaskan. Ternyata, setelah saya melakukannya, minat siswa untuk belaajr sejarah pada topik tersebut jauh lebih meningkat dibandingkan dengan ketika saya hanya memaparkan pengetahuan faktual tentang kedua kota tua itu tanpa dihubungkan dengan persoalan-persoalan kontemporer yang sedang dihadapi oleh para siswa di lingkungannya. Dengan cara begitu, partisipasi siswa dalam pembelajaran sejarah lebih meningkat. Saya setuju dengan pendapat beberapa orang siswa bahwa belajar sejarah itu bukan belaajr tentang masa lalu melainkan belajar tentang persoalan-persoalan yang sebenarnya sedang kita hadapi bersama pada masa kini. Dengan demikian, pembelajaran sejarah yang bermakna (meaningful) bagi siswa adalah pembelajaran yang selalu dihubungkan dengan masalah-masalah sosial kontemporer secara konstektual."

Salah satu refleksi di atas menggambarkan apa yang selama ini dipikirkan dan dikembangkan oleh penulis mengenai pembelajaran sejarah seperti nampak dalam beberapa tulisan pada buku ini.


Ketersediaan
SJH05740907 NAN kSenayanTersedia
15254907 NAN kSenayanTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
907 NAN k
Penerbit
Bandung : Historia Utama Press., 2007
Deskripsi Fisik
viii, 200 hlm; 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
907
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Sejarah
Pendidikan, Riset Penelitian Sejarah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Senayan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2023 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik